Senin, 01 Juli 2013

KOMPUTER DAN NIC



A.    Pengertin Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambar orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer :
1.       Generasi Pertama (1946-1959)
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk membangun pesawat terbang dan peluru kendali. John Preper Eckret (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980) kemudian merancang sebuah komputer yang dikenal dengan nama Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerajasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University Of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.00 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkomsumsi daya sebesar 160kW. Pabrik yang memproduksi : UNIVAC, IBM, BURRIHS, HONEYWELL.
Contoh  Mesin : ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 659, ADVAC.

2.      Generasi Kedua
Pada awal 1960-an mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yng diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Beberapa bahasa pemograman mulai bermunculan saat itu. Bahasa pemograman Common Business-Oriented Languge (COBOL) dan Formula Translator (FORTAN) mulai umum digunakan. Pabrik yang memproduksi : Univac, IBM, Burrighs, Honneywell, CDC(Control Data Corporation). NCR.
Contoh mesin : IBM (IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080, IBM 7094), Univac III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, Burrogh 5500, Honneywell 400, PDP 1 & 5.
3.      Generasi ketiga (1964)
Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Walaupun transistor dalam banyak hal menggulungi tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrumen, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : Intergrasi Cirquit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya generasi komputer ketiga. Pabrik yang memproduksi : IBM, Burroghs, Honeywell, NCR. Contoh Mesin : IBM S/360, Univac 1108, PDP 8 & 11, Honeywell 200, RCA, Spectra 70.
4.       Generasi Keempat (1971)
Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalan chip. pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningakatakn jumlah tersebut menjadi jutaan. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (Central Processing Unit, Memori, dan kendali Inpiu/Output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan dirumah, kantor, dan sekolah. Pabrik yang memproduksi : IBM, Burroghs, Honeywell, Intel. contoh mesin : IBM, (IBM S/34, IBM S/36, IBM PC/AT & XT, IBM PS/2), Honeywell 700, Burroghs 600, Cray I, Cyber, PC Aplle II, Commodore PC, Intel i386 sampai dengan intel Pentium I, II, III, IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan Quad Core.

5.      Generasi Kelima
                         Ciri-ciri komputer generasi keliama adalah sebagai berikut :
Komputer generas ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainnya sebelum banyak. pengembangan komputer generasi ini dipelopori oleh negara Jepang. Komponen elektroniknya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI. Program dibuat dalam bahasa Prolog (Program Logic) dan LISP (List Processor). Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artifical Inteligence/ Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.

Network Interface Card
Network Interface Card disingkat NIC  atau juga (Network Card) adala sebuah kartu yang berfungsi sebagai jambatan dari komputer kesebuah jaringank komputre. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisikm dan NIC yang bersifat Logis. Contoh NIC yang besifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya. Sementara NIC yang berfugnsi logis adalah Loopback adapter.
Setiap jenisa NIC diberi nomor alamat sebagai MAC Adress, yang dapat bersidat statis atau dapat diubah oleh pengguna. NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan kedalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau diubah oleh pengguna. NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan kedalam motherboard komputer, yang berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus MCA, atau bus PCI eaxpress. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan kedalam motherboard, NIC fisik juda dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile).

Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni :

    Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media Specific NIC) : yang membedaka kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan.
    Kartu NIC denan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC) : yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan.
         Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar